Ganti Edjaan Lama

balik ke Edjaan Lama

Monday, February 09, 2004

BARONESS ON FIRE!

Jangan buru-buru kaget dulu baca judul diatas! Baroness memang lagi 'on fire' tapi bukan kebakaran. Ada api yang menyala-nyala memang Besar. Terang. Panas.
Dan berdesis seperti suara kompor tukang nasi goreng yang suka lewat kalo malam.
Cuma ini dalam skala yang jauh lebih besar! Sampai terdengar menembus ketebalan dinding metal rig kami. Besar sekali!. Karena sumber energinya bukan sekedar 3-4 liter minyak tanah yang dipompakan ke dalam sebuah tabung kecil seperti milik si abang tukang nasgor itu.
Yang disini energinya luar biasa dahsyat. Berjuta-juta ton minyak bumi yang tersimpan di dalam 'tabung' perut bumi! Dahsyatnya kekuatan alam! Subhanallah!

Proses bakar-bakaran ini namanya DST atawa Drill Stem Testing.Gunanya untuk mengetahui seberapa kaya sumur yang baru saja kita gali, sebelum melangkah ke proses produksi yang berbiaya amat sangat tinggi itu. Laik-tidaknya sumur minyak itu diproduksi bergantung dari hasil tes ini. Hasilnya bagus berarti sumurnya layak jual, jelek berarti ditinggal. Usaha kita berminggu-minggu disini sama dengan nol. Dan kita mesti mulai dari awal lagi di lokasi yang baru.

Tingkat keberhasilan pencarian sumur produktif memang bisa 1 berbanding 10. Dari 10 kali eksplorasi paling 1 kali kita nemu sumber yang bagus. Jangan heran kalo harga minyak terus melambung tinggi. DST ini malah menjadi DST pertama bagi saya sejak bergabung dengan mereka 8 bulan silam.
Pertanda betapa dalam 8 bulan, baru sekali ini dirasa perlu menguji kekayaan isi sumur kita. Selebihnya tanpa perlu DST kita akan berpindah dan mencoba peruntungan baru.

Proses DST sendiri adalah proses berisiko tinggi. Wajar saja sebenarnya. Anak kecil juga tau kalo didekat dekat materi mudah terbakar seperti minyak atau gas haram menyalakan api. Ini malah sumur yang berisi minyak dan gas bertekanan kita bakar!
Karenanya rencana evakuasi jauh hari sudah dibicarakan. Dua kapal, Maersk Server dan Highland Guide stand by gak jauh dari Baroness, siap sewaktu-waktu untuk mendekat menjemput krew kalo proses DST berlanjut diluar kendali kita. Hari Sabtu kemaren latihan abandon rig dilaksanakan.
Sekarang krew yang non esensial dipulangkan, yang esensial namun tak harus bekerja diluar kena 'tahanan rumah' di living quarter. Nelayan yang biasanya berkumpul didekat rig dilarang mendekat siapa tau ada yang 'pura-pura bego' lantas merokok diperahunya. Yang pasti siperokok itu akan langsung melihat bahaya merokok dengan mata kepalanya sendiri he he he.

Rumit?
Seperti itulah prosesnya mendapatkan energi. Rumit memang!
Lantas kenapa gak dari sekarang kita mulai hemat energi?
Sudah!
Abis nulis komentar dan ngisi shoutbox disini, langsung matikan komputer anda!

No comments: